Minggu, 18 Agustus 2013

Sudut Pandang Lain tentang Komik



            Jurnalistik, udah. Fotografi, udah. Sekarang, saya ingin membahas tentang komik. Pasti di antara kita masih ada yang suka baca komik deh. Sebagai mahasiswa yang berintelektual, kalian yang masih suka baca komik terkadang merasa malu dan gengsi untuk mengakui kegemaran itu. Padahal tidak selamanya komik itu berkorelasi dengan dunia anak-anak. Karena tidak selamanya pula, isi dan makna komik itu hanya sekedar hiburan semata. Buktinya, komik dari negeri sakura, Jepang, “Naruto”. Selain menghibur, komik ini juga penuh dengan makna kehidupan. Bagaimana kesetiaan Naruto terhadap orang yang dianggapnya sahabat, Sasuke, diuji saat Sasuke sendiri malah berkhianat terhadap desa di mana dia dan Naruto dibesarkan. Naruto bertekad untuk membawa kembali Sasuke pulang ke Konoha, tak peduli berapa banyak dan besar hal yang harus dia korbankan untuk itu.

            Naruto dan One Piece, bahkan Spongebob sekali pun, tak jarang menampilkan quote-quote lucu dan sarat makna. Lihat beberapa quote inspiratif ala komik-komik di atas.

Komik Naruto: 
·         “Aku hanya ingin melindungi mereka, walau harus menjalani penderitaan seperti apapun” (Nagato, chapter 373)
·         “Kalau tanganku patah, akan kutendang dengan kakiku ini. Kalau kakiku patah, akan kugigit dengan gigiku ini. Kalau gigiku dihancurkan juga, akan kulihat dengan dengan tatapan penuh kebencian dan kalau mataku dihancurkan juga, akan kugunakan kutukan untuk melawannya, aku pasti akan mengembalikan Sasuke” (Uzumaki Naruto)
·         “Kau gagal tetapi masih bisa mampu bangkit kembali, karena itu menurutku arti dari kuat yang sebenarnya” (Hinata Hyuuga)
 
Komik One Piece:
·         Kapan seorang manusia akan mati? Saat jantung mereka terkena peluru senjata? Bukan! Saat mereka menderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan? Bukan! Saat mereka makan jamur beracun? Juga bukan! Tapi, saat mereka telah dilupakan oleh orang lain! Walaupun aku lenyap, impianku akan terwujud dan hati para penduduk negeri yang sedang sakit ini pun akan sembuh! (DR Hiluluk - One piece)
·         Setiap orang ada yang bisa dilakukannya dan ada juga yang tidak (Sanji - One Piece)
·         Ada saatnya seseorang harus berdiri melawan yaitu ketika impian sahabatnya ditertawakan (Usopp One Piece) 
·         Ketika dunia dikuasai oleh sampah, maka dunia akan melahirkan sampah (Eustass Kid - One Piece)

Komik Spongebob:
·         Spongebob      : What do you usually do when I’m gone?
      Patrick             : Waiting for you to come back.
·         Patrick             : Careful, Spongebob. Careful Spongebob. Spongebob careful. Careful Spongebob!
      Spongebob      : Patrick!
      Patrick             : Yeah?
      Spongebob      : It’s already open.
      Patrick             : Oh.
·         A five letter word for happiness…money (Mr. Krabs)
Nah, apalagi kalau kita lihat komik di bawah ini. Komik ini adalah karya Ghilda Agastirani yang saya ambil dari Tumblrnya 4th Journalistic Fair. Check this out, guys :)




Bagaimana? Menghibur dan inspiratif, bukan? Jadi, kalian para pembaca komik, selain sebagai konsumen, kalian juga bisa menjadi produsen. Kalau kalian memiliki bakat dalam dunia komikus, nah sudah saatnya untuk kalian salurkan, guys.
Keep following us on@JournalistcFair
“In times of profound change, the learners inherit the earth, while the learned find themselves beautifully equipped to deal with a world that no longer exists.”
Eric Hoffer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar