Jumat, 02 Agustus 2013

[INFO] Empat Ciri Jurnalisme



Mungkin di antara kita ada yang memiliki obsesi menjadi seorang penulis atau bahkan ingin menjadikan jurnalistik sebagai jalan hidup di masa depan. Nah, kebetulan ada quote keren yang saya ambil dari timelinenya @JournalistcFair, “Journalism is not just a job, it’s a way of life”. Bisa dibayangin gak apa maksud dari quote tersebut? Maksudnya, dunia jurnalisme itu bukan hanya sebuah pekerjaan saja, melainkan juga sebuah jalan atau cara hidup. Karena kalau kita sudah mencintai dunia ini, maka bukan lagi materi yang kita cari, tetapi sebuah kepuasan batin.

            Bagi kita yang mencintai dunia ini tentu akan merasa puas jika karya kita dihargai oleh orang lain. Tidak peduli berapa upah yang kita dapat, yang penting kita bisa berbagi informasi dan memiliki pembaca setia. Intinya sih, upah itu hanya sebagai penyemangat untuk terus bergelut dalam dunia ini dan tujuannya tentu saja seperti yang telah saya sebutkan di atas.

            Saya memiliki info tentang empat ciri jurnalisme nih, guys. Mau tau apa aja keempat ciri tersebut? Nih, kita simak di bawah ini ya.

1.      Skeptis
Apa sih arti dari skeptis? Skeptis itu sikap untuk mempertanyakan segala sesuatu, meragukan yang diterima dan mewaspadai segala kepastian agar tidak mudah ditipu. Seorang jurnalis diharapkan untuk tidak cepat puas dengan informasi yang dia dapat, tetapi harus terus menggali info tersebut agar menjadi berita ekslusif.

2.      Action
Maksud dari action (bertindak) di sini adalah para jurnalis itu bukan hanya menunggu sebuah informasi untuk diliput, tetapi juga mencarinya. Jadi, seorang jurnalis itu dituntut untuk aktif dalam mencari informasi.

3.      Berubah
Jurnalisme itu mendorong sebuah perubahan. Karena media saat ini bukan lagi hanya sebagai penyalur informasi, tetapi sebagai filter informasi.

4.      Seni dan Profesi
Jurnalisme itu bukanlah sebuah mesin. Dia merupakan sebuah art and craft with professional responsibilities. Untuk menjadi seorang jurnalis, kita harus memiliki tanggung jawab yang tinggi.


Setelah berbagi informasi tentang empat ciri jurnalisme, kita tunggu info selanjutnya yang masih berhubungan dengan jurnalisme ya. Jangan bosen-bosen untuk terus memperbaharui wawasan kalian tentang jurnalistik, guys

            Keep following us on: @JournalistcFair and @bemkmipb

            “Journalism will kill you, but it will keep you alive while you are at it”, Horace Greeley.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar