Sabtu, 17 Agustus 2013

[INFO] Foto Terbaik Dunia yang Pernah Ada



            Postingan ini ditujukan khusus untuk kalian para pecinta dunia fotografi. Karena kali ini saya ingin sharing tentang 10 foto terbaik di dunia yang diambil dari sebuah website dengan sedikit pengubahan. Pasti penasaran dong seperti apa sih foto terbaik di dunia? Makanya kalian harus baca postingan ini sampai bawah ya.

1.      Stricken Child Crowling Towards a Food Camp (1994)



Foto ini diambil pada tahun 1994, saat terjadi bencana kelaparan di Sudan. Foto yang meraih penghargaan Pulitzer ini menggambarkan seorang anak kecil sedang merangkak menuju sebuah kamp Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terletak beberapa kilometer dari tempatnya. Terlihat juga seekor burung bangkai sedang menunggu anak itu mati agar bisa memakan bangkainya.

Foto ini mengejutkan seluruh dunia. Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang terjadi selanjutnya pada anak kecil itu, termasuk sang fotografer, Kevin Carter. Kevin meninggalkan tempat segera setelah mengambil foto itu. Tiga bulan kemudian Kevin melakukan bunuh diri karena depresi.

2.      Tourist Guy (2001)




Foto hasil editan photoshop ini menggambarkan seorang turis bernama Peter Guzli yang sedang bergaya di atas sebuah gedung yang tak lain adalah World Trade Center pada tanggal 11 September 2001.

Ada pihak yang menyatakan bahwa gambar tersebut berasal dari kamera yang ditemukan di bawah reruntuhan Ground Zero. Dengan hasil editan luar biasa ini, foto di atas berhasil memenangkan penghargaan Best 9/11 Photoshopped Picture Contest. (Fotografer: Photoshop)

3.      Burning Monk – The Self-Immolation (1963)



Seorang Biksu Buddha Vietnam, Thich Quang Duc, pada tanggal 11 Juni 1963 melakukan aksi membakar diri sampai mati di tengah jalan. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk protes terhadap tindakan represif pemerintah Vietnam Selatan. Tujuan dari aksinya ini adalah beliau ingin agar pemerintah memberikan persamaan hak antara umat Buddha dengan umat Katolik. (Fotografer: Malcolm Browne)

4.      Palestinian Martyr (2000)



Foto ini diambil dari screenshot sebuah video yang merekam momen seorang warga Palestina, Jamil Ad-Durra sedang berusaha melindungi anaknya dari hujan peluru tentara Israel. Reporter TV dari BBC yang mengambil gambar hanya bisa pasrah melihat Jamil beserta anaknya, Mohammed, terjebak dan hanya bisa bersembunyi di balik tong di antara kontak senjata tentara Israel dengan milisi Palestina.

Mohammed meninggal dalam peristiwa ini, sedangkan Jamil selamat dengan luka serius. Supir ambulans yang berusaha menolong mereka tewas terkena serangan peluru. (Image from: BBC)

5.      Albert Einstein (1951)



Foto ini menunjukkan sense humor dari seorang Albert Einstein, sang jenius penemu Teori Relativitas (diambil pada tanggal 14 Maret 1951). (Fotografer: Arthur Sasse, © Bettmann/CORBIS)

6.      Lunch in top a Skyscraper (1932)



Dalam foto ini terlihat sebelas orang pekerja sedang menikmati santap siang di lantai 69 gedung GE, diambil pada tanggal 29 September 1932. Foto tersebut lalu ditampilkan di New York Herald Tribune Sunday Photo Supplement pada tanggal 2 Oktober. (Fotografer: Charles C. Ebbets)


7.      Reichstag Flag (1945)



Dua tentara Uni Soviet, Raqymzhan Qoshqarbaev dan Georgij Bulatov, mengibarkan bendera di atas atap gedung Reichstag Berlin, Jerman, pada Mei 1945 tanda kekalahan Jerman di Front Timur. (Fotografer: Yevgeny Khaldei (1917-1997))

8.      The Plight of Kosovo Refugees (1999)



Foto ini menceritakan tentang pengungsi Kosovo sedang berusaha untuk memindahkan seorang bocah berusia 2 tahun bernama Agim Shala melewati pagar berduri. Foto ini masuk sebagai nominasi penerima penghargaan Pulitzer. (Fotografer: Carol Guzy Source (washingtonpost.com))

9.      Tiananmen Square (1989)

Foto ini diambil ketika sedang terjadi demo mahasiswa di Tiananmen Square. (Fotografer: Stuart Franklin Magnum)

10.  Oklahoma City Bombing (1995)



Pada pukul 9:02 tanggal 19 April 1995, Timothy McVeigh, veteran Perang Teluk, meledakkan bom berkekuatan 4800 lbs. Sehingga meluluhlantakkan Gedung Pemerintah Federal Alfred P. Murrah dan menewaskan 168 orang. Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu serangan teroris terburuk dalam sejarah Amerika. Foto ini meraih Pulitzer Prize for Spot News Photography pada tahun 1996. (Fotografer: Charles Porter)

Itulah kesepuluh foto terbaik di dunia yang pernah tertangkap oleh lensa kamera para fotografer. Menarik bukan postingan kali ini? Oya, sebenarnya ada 15 foto terbaik di dunia dari sumber yang saya temukan. Akan tetapi, saya hanya mengambil 10 foto saja. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat di http://www.wiwinkatingan.com/artikel-2/211-15-foto-foto-terbaik-di-dunia-terbaru.html

Nah, semakin menarik kan isi postingan http://journalisticfair.blogspot.com/. Makanya sering-sering buka blog ini biar pengetahuan kita semakin luas :D

            Keep following us on: https://twitter.com/JournalistcFair and https://twitter.com/bemkmipb

            “Writing gives you the illusion of control, and then you realize it’s just an illusion, that people are going to bring their own stuff into it,” – David Sedaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar