Minggu, 04 Agustus 2013

[INFO] Beberapa Film Berbau Jurnalistik



Dunia jurnalisme itu gak melulu soal tulisan, seperti yang pernah saya sebutkan di postingan sebelumnya; film, reporter, desain layout, dan fotografi juga termasuk ke dalam dunia ini. Jadi, gak ada alasan untuk kita tidak menyukai dunia ini.

Nah, kali ini saya ingin sharing beberapa film yang berhubungan dengan jurnalistik. Daftar film ini diambil dari tabloid Bintang. Oya, kembali saya ingatkan bahwa tanggal 21-22 September nanti ada IPB Youth Journalist, tanggal 3-4 Oktober ada Jurnalist Cup and Bar, dan acara Puncak Journalistic Fair pada tanggal 5 Oktober. Don’t miss it, guys! Bakalan nyesel deh kalau kalian ngelewatin acara seru ini.

Oke, kita mulai ya daftar film jurnalistiknya :)

1.      All The President’s Men (1976). Film ini bercerita tentang seorang detektif yang bukan berasal dari kepolisian, melainkan seorang jurnalis alias wartawan.

2.      The Killing Fields (1984). Bercerita tentang persahabatan antara wartawan New York Times dan penerjemahnya di tengah kekacauan Kamboja pada tahun 1970-an.

3.      Under Fire (1983). Film yang mengisahkan tentang seorang fotografer handal yang dihadapkan pada pilihan sulit saat perang tengah terjadi. Berlatar tempat di Nikaragua akhir tahun 1970-an.

4.      Shattered Glass (2003). Film ini menceritakan tentang seorang wartawan cemerlang yang ternyata adalah seorang penipu. Film ini mengajari kita dengan baik bahwasanya sebuah kebohongan bisa berubah menjadi adiksi.

5.      The Insider (1999). Berisi rekaman saat-saat 60 Minutes (acara berita yang bereputasi tinggi di AS) mengabaikan sumber berita untuk menghindari tuntutan.

6.      Welcome to Sarajevo (1997). Film yang memperlihatkan para wartawan memakai hati nuraninya saat berada di medan konflik Serbia-Bosnia.

7.      Salvador (1986). Kisah sang wartawan pecundang Richard Boyle bersama temannya saat berpetualang ke El Salvador yang sedang dilanda konflik.

8.      War Photographer (2001). Film yang memerlihatkan foto-foto menawan dari daerah perang. Mulai dari bekas reruntuhan di Bosnia hingga bekas reruntuhan di Indonesia.

9.      The Hunting Party (2007). Bercerita tentang para wartawan yang berburu wawancara ekslusif.

10.  Almost Famous (2000). Film ini menceritakan tentang seorang wartawan amatir yang masih duduk di bangku SMA. Seorang yang pemalu, kutu buku, dan ngefans berat sama rock and roll. Saking ngefansnya sampai menulis laporan buat Rolling Stones.

Itulah sepuluh daftar film jurnalistik versi tabloid Bintang. Penasaran gak sama cerita filmnya? Kalau iya, ayo buruan hunting dvd-dvd film di atas. Agar kalian lebih mengerti bagaimana perjuangan seorang jurnalis dalam mencari berita dan agar kita lebih menghargai setiap berita hasil report mereka.

Sekian dulu postingan kali ini, besok-besok dilanjut lagi. Tetap ikutin postingan di blog ini ya. Kritik dan saran ditunggu agar blog ini lebih baik ke depannya :)

Keep following us on@JournalistcFair and @bemkmipb

“Journalism can never be silent. That’s its greatest virtue and its greatest fault. It must speak and speak immediately, while the echoes of wonder, the claims of triumph and the signs of horror are still in the air,” – Henry Anatole Grunwald

Tidak ada komentar:

Posting Komentar