Senin, 05 Agustus 2013

[INFO] Penghargaan untuk Para Jurnalis


            Setelah kemarin ngebahas beberapa film yang berbau jurnalistik, kali ini saya ingin ngebahas tentang beberapa penghargaan untuk para jurnalis. Bukan hanya aktor/aktris saja yang dapat penghargaan untuk kecakapan mereka di bidang akting, tetapi para jurnalis juga harus dong diberi penghargaan untuk eksistensi mereka di bidang jurnalisme.

            Mungkin banyak di antara kita yang belum tahu kalau ternyata para jurnalis pun memiliki beberapa penghargaan yang bisa mereka raih. Nah, ini saatnya untuk kita kembali membuka wawasan tentang dunia jurnalisme.

          Penghargaan Pulitzer

            Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat. Selain itu, penghargaan ini juga diberikan untuk pencapaian dalam bidang sastra dan gubahan musik. Penghargaan ini pertama kali diberikan pada tanggal 4 Juni 1917.

Penerima penghargaan ini dipilih oleh sebuah badan independen yang secara resmi diatur oleh Columbia University Graduate School of Journalism (Sekolah Jurnalisme Universitas Columbia) di Amerika Serikat. Mungkin kalian penasaran, siapa sih yang menciptakan penghargaan ini? Nah, orang yang menciptakan atau mencetuskan penghargaan ini pertama kali adalah juga seorang jurnalis dan penerbit surat kabar Hungaria-Amerika pada akhir abad ke-19 yang bernama Joseph Pulitzer. Sayangnya penghargaan ini hanya dikhususkan bagi para insan pers yang berkarir dalam media cetak terbitan AS.

Joseph Pulitzer
Penghargaan Pulitzer

                                                                

 

Beberapa penulis terkenal yang pernah meraih Penghargaan Pulitzer, yaitu: Margaret Mitchell, Saul Bellow, Ernest Hemingway, Eudora Welty, Harper Lee, William Faulkner, Toni Morrison, Robert Frost, Roger Ebert, Tennessee Williams, Arthur Miller, Stephen Sondheim, Margaret Leech, David McCullough, Norman Mailer, John Updike, Booth Tarkington, dan Eugene O'Neill.

          Anugerah Adiwarta

            Anugerah Adiwarta merupakan sebuah ajang penghargaan bergengsi dan bersifat independen yang didukung oleh jajaran dewan juri yang kompeten di bidangnya. Anugerah ini ditujuan bagi para insan media tanah air yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan apresiasi kepada insan media Indonesia agar dapat terus meningkatkan kualitas karyanya. Anugerah Adiwarta pertama kali diberikan pada tahun 2006.
 
            Kategori penganugerahan ini adalah cetak/online, foto berita, dan televisi. Selain kategori tersebut, Anugerah Adiwarta juga memberikan penghargaan Jurnalis Muda Berbakat, Anugerah Herawati Diah, dan Foto Terbaik Tahun Ini.

          Penghargaan Adinegoro

            Penghargaan ini merupakan penghargaan jurnalistik tertinggi di Indonesia (Sumber: tv.detik.com). Parni Hadi adalah penggagas Penghargaan Adinegoro untuk Wartawan Asia.

Anugerah Mohammad Hoesni Thamrin

            Anugerah MH Thamrin diberikan pada wartawan yang bergelut di bidang media cetak, online, dan televisi dalam enam kategori.

          Elizabeth O’Neill Award

            Penghargaan ini merupakan apresiasi atas dedikasi Elizabeth O’Neill, seorang jurnalis wanita yang meninggal pada tanggal 7 Januari 2007, terhadap dunia jurnalisme. Penghargaan ini terbuka untuk para jurnalis media cetak/online, radio, dan televisi.

            
Elizabeth O'Neill OAM
                                                           
            Itulah beberapa penghargaan atau anugerah yang dapat diraih oleh para insan pers yang dengan setia berkontribusi di dunia jurnalisme. Bukan mudah untuk bisa meraih penghargaan-penghargaan yang telah saya sebutkan di atas. Karena dibutuhkan dedikasi tinggi dan karya luar biasa agar bisa menggugah para dewan juri yang sangat kompeten di bidangnya.

            Sebenarnya masih banyak lagi penghargaan untuk para jurnalis dunia dan tanah air. Kalian bisa mencarinya sendiri di internet, surat kabar, majalah, atau di perpustakaan. Sekian dulu dari saya, tunggu postingan menarik selanjutnya ya :)

 Sumber: Wikipedia; tv.detik.com; anugerahadiwarta.org; www.dfat.gov.au/dept/lizoneill\

            Keep Following us on@JournalistcFair and @bemkmipb

            “I still believe that if your aim is to change the world, journalism is a more immediate short-term weapon,” – Tom Stoppard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar